Dalam rangka melakukan profesioanlitas terhadap sejarawan dan penulis sejarah, Kemendikbub Dikti melakukan kegiatan penguatan kesejarahan. Kegiatan ini dilakukan di Gedung Syariah Tower Kampus B Universitas Airlangga pada tanggal 18-22 Juli 2022. Dengan demikian tercatat ada empat Dosen Sejarah Peradaban Islam sudah memiliki sertifikat sebagai Penulis Sejarah LSP Kemendikbud Dikti.

 

Ada 150 calon peserta yang mendaftar, termasuk tujuh dosen SPI UIN Raden Mas Said Surakarta yang mendaptar. Untuk prodi SPI UIN raden Mas Said Surakarta tercatat 7 dosen yang kualifikasi sebagai peserta acara tersebut. Akan tetapi mengingat keterbatasan tempat dan anggaran yang ada.

Peserta dibatasi 60 orang. Untuk prodi SPI UIN Raden Mas Said akhirnya mendapatkan undangan 3 dosen yang meliputi Latif Kusairi, Moh ashif Fuadi dan Irma Ayu Kartika dewi. Acara ini bertujuan untuk memberikan pelatihan sekaligus ujian sertifikasi penulis sejarah. Diharapkan nantinya dosen sertifikasi bisa melakukan penulisan sejarah sesuai dengan metode dan metodologi sejarah yang sudah di gariskan sesuai dengan karakteristik sejarah. Acara ini dharapkan bisa menjadi bekal bagi para dosen untuk melakukan penulisan sejarah dan menjadi konsuiltan penulisan sejarah untuk berbagai institusi.