Progam Pengabdian Kepaada Masyarakat merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan masing-masing program studi untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dari lembaga pendidikan yang diimplementasikan kepada masyarakat. Pemberdayaan masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat tersebut bertujuan menjalin hubungan kerjasama terhadap masyarakat dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap masyarakat. Melalui program tersebut, masyarakat juga dapat memberikan pandangan positif terhadap institusi yang tidak hanya terpusat pada pendidikan maupun penelitian tetapi juga terpusat pada masyarakat.

Program Studi Sejarah Peradaban Islam UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat di SD Negeri 2 Sranten Karanggede Boyolali selama 3 hari yakni tanggal 24-26 Maret 2022.  Tema dalam pengabdian ini adalah “PELATIHAN BERTUTUR SEJARAH OLEH SISWA DI MEDIA ONLINE DALAM MEWUJUDKAN MODERASI DAN TOLERANSI BERAGAMA”.

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat disambut oleh Kepala Sekolah SD Negeri 2 Sranten yaitu Ibu Sukini, S.Pd. Hari pertama diisi oleh Resti, yang merupakan mahasiswa alumni SPI UIN Raden Mas Said Surakarta tahun 2021. Dalam kesempatan itu, Resti menyampaikan pentingnya bermoderasi beragama sejak dini, dimulai dari Siswa yang duduk di bangku SD.

Hari kedua diisi oleh Martina Safitry, M.A yang merupakan dosen SPI UIN Raden Mas Said Surakarta, pada kesempatan itu Bu Martina menceritakan sejarah moderasi beragama di Indonesia yang sudah tercermin sejak penetapan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Hari terakhir diisi oleh Mega Alif Marintan,M.Hum yang merupakan dosen IPII UIN Raden Mas Said Surakarta. Pada kesempatan itu, Bu Mega memberikan pengarahan tentang majunya teknologi dan etika dalam bersosial media. Selain itu Bu Mega juga memberikan contoh bertutur sejarah yang baik di media online sejak dini.