Program Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan masing-masing program studi untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dari lembaga pendidikan yang diimplementasikan kepada masyarakat. Pemberdayaan masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat tersebut bertujuan menjalin hubungan kerjasama terhadap masyarakat dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap masyarakat. Melalui program tersebut, masyarakat juga dapat memberikan pandangan positif terhadap institusi yang tidak hanya terpusat pada pendidikan maupun penelitian tetapi juga terpusat pada masyarakat.

Program Studi Sejarah Peradaban Islam UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat di SD Negeri 2 Sranten Karanggede Boyolali selama 3 hari yakni tanggal 24-26 Maret 2022.  Tema dalam pengabdian ini adalah “PENGAJARAN MATERI MODERASI BERAGAMA KEPADA SANTRI MELALUI FILM DOKUMENTER SEJARAH”

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, disambut dengan hangat oleh pengasuh PP. Al Barokah yaitu K.H Mohammad Ashif Fuadi, S.IP, M.Hum.  Pemateri hari pertama dalam program pengabdian ini oleh Aan ratmanto, M.A merupakan dosen SPI UIN Raden Mas Said Surakarta. Bp. Aan menyampaikan tentang kreatifitas santri dalam berteknologi salah satunya melalui film dokumenter, hingga dikaitkan dengan narasi-narasi sejarah yang bisa di filmkan.

 

 

Pemateri hari kedua Sucipto, M.Hum merupakan dosen SPI Raden Mas Said Surakarta yang menyampaikan tentang pentingnya bermoderasi beragama di kalangan santri.

Pemateri hari ketiga oleh Latif Kusairi, M.A merupakan ketua jurusan Peradaban Islam UIN Raden Mas Said Surakarta yang menyampaikan tentang  santri dalam lintas sejarah yang berkontribusi dalam kehidupan bermoderasi beragama pada jaman kolonial.